Rajutan Mam

Rajutan Mama Shop 'n Club
Depok Town Square Lt 1 FS87 no 5-7
0815 939 7625



Minggu, 30 Mei 2010

Membuat baju rajutan

Teman2 di Triztan lagi senang bikin project baju, crochet wear maupun knit wear. Seru ya....Mau coba share ah. Bikin baju rajut tuh engga susah lhoo. Percaya deh ;))

Step-step membuat baju rajutan

1. Model, benang dan jarum
Sebelum mulai bikin tentu harus nentuin modelnya mau bikin apa. Vest, top, jacket atau cardigan ....untuk nentuin berapa benangnya. Rata2 untuk benang lokal butuh 2-3 gulung untuk baju lengan pendek (crochet/knit wear). Jarumnya? menyesuaikan donk...rata2 benang lokal pakai jarum ukuran 3/0-4/0(crochet) dan 2,5mm-3mm (knit). Buat pemula yg mudah dulu bikin tank top, vest ...pokoknya yg serba tanpa lengan. Bentuk luruspun jadi

2. pola dan motif
Pola baju banyak banget, malah udah ada lho buku Fashion crochet berbahasa Indonesia, senangnyaaaa....Kalau kurang ide silakan nguplek2 di picasaweb. Kalau mau bermodal ya beli buku pola Jepang, atau majalah2 dari luar sana. Dijamin ketagihan deh bikin baju rajut. Kalau udah dapet polanya mari kita telalah lebih lanjut. Bagaimana si pola ini, biasanya sudah ada petunjuk arah mulai merajut darimana, silakan diikuti. Pelajari dulu polanya, yg common adalah pola bottom up, ada juga top down, malah ada yg mulai dari lengan duluan, seamless kah, bikin melingkar badankah atau bagaimana.
Motif juga salah satu yg perlu diperhatikan, lihat bagaimana motif tersebut. Jika dirasa motif membosankan mending cari motif lain ya....kalau bosan bisa2 bajunya engga sampe jadi udah ditinggalin. Tapi jika motifnya cantik tentu bikin tambah semangat.


3. Konversi
Setelah tau mau bikin apa dan polanya bagaimana sekarang adalah bagian serunya....konversi. Apakah perlu konversi dilakukan. Biasanya pola2 itu dibuat dengan benang yg kita engga tau apakah benangnya sama dengan yg benang kita. Ukurannya atau jumlah ply-nya, ya jelas engga sama...tension atau gaugenya juga. Jadi kita tidak bisa main hantam kromo (bahasa mana nehh) ngikutin pola itu....kecuali disana disebutin dengan jelas gaugenya berapa, jika ternyata sama ya udah bisa dilanjut walaupun tetap ada catatan lagi.

Berapa ukuran kita, lingkar dada dan pinggang adalah ukuran wajib yg kita harus punya. Lanjutkan dengan membuat tension/gauge 10x10 cm motif bajunya. Konversikan kedalam ukuran kita. Jika motifnya berukuran besar, usahakan motif tetap utuh, jadi harus genap jumlah stitchnya. Buat ulang pola sesuai dengan ukuran kita, untuk memudahkan dokumentasi maupun jika ada koreksi.

bersambung.....

2 komentar:

Sweetie Garden mengatakan...

wah makasih yaaa...aku baru belajar merajut nih....

Donata Dulcinea mengatakan...

Sore :)

Blog anda isinya sangat bermanfaat skali mbak.
btw, saya juga jualan baju rajut juga lo..

silakan mampir ya :
www.bajurajutsurabaya.blogspot.com/